Langsung ke konten utama

Proposal Pembuatan App



PROPOSAL PRODUK KREATIF
PEMBUATAAN APLIKASI  "Kshop"

Latar belakang 

Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat di sekitar kita sata ini. salah satunya penggunan Smartphone yang makin di minati dan semakin meningkat setiap tahunya, 
Adanya fitur – fitur social media dan internet yang mudah diakses dan ditawarkan dalam system komunikasi smartphone ini tentunya mempermudah kita dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi dengan mudah.
Oleh karena itu dengan akses yang semakin dimudahkan dengan perkembangan dunia internet ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan nya, salah satunya yaitu melakukan jual beli secara online . 


Rumusan masalah 

  • Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha kshop sebagai fasilitas tempat pembelanjaan terpercaya.
  • Bagaimana mempromosikan kshop ke masyarakat.
  • Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat tentang bisnis ini.

1. Konsep ide 


saya membuat aplikasi kshop ini  karena banyak penipuan online shop yang jual barang – barang serba kpop di instagram. Maka dari itu saya membuat online shop serba kpop untuk para pencipta kpop agar tidak ada penipuan lagi dan menyediakaan aplikasi kshop sebagai tempat pembelian barang kpop terpercaya.

2. Fitur - Fitur

  • Daftar
  • Login 
  • Pemilihaan barang
  • Pembelian barang
  • Chat
  • Tampilan pesanaan / Order.

3. Desain Mockup 

  • Tampilan awal 


  • Daftar 


  • Login 

  • Tampilan awal app



  • Pemilihaan barang / Home 
 

  • Pembelian barang 
 


  • Chat 



  • Pemesanaan / Order 



  • Tampilan order berhasil 



4. Arsitektur Teknologi 

ITIL v3 (Information Technology Infrastructure Library v3) (2011), mendifinisikan arsitektur teknologi informasi adalah seluruh aspek meliputi piranti keras, piranti lunak, perangkat jaringan dan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk pengembangan, ujicoba, pengaturan dan daya dukung terhadap aplikasi dan layanan teknologi informasi. Seluruh aspek harus  dikelola  ketika  dijalankan  untuk memastikan  elemen-elemen  tersebut  beroperasi  sebagaimana  mestinya dan membentuk satu operasi yang lancar sehingga memenuhi kebutuhan pengguna.

IBM (International Business Machine) mendefinisikan 6 (enam) jenis disiplin arsitektur teknologi informasi sebagai berikut :



  • .    Arsitektur perusahaan (enterprise architecture). Seorang arsitek perusahaan berfokus pada pemetaan kemampuan-kemampuan teknologi informasi dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis. Arsitek bertanggung  jawab  terhadap keseluruhan  sistem  intensif  perangkat  lunak perusahaan, termasuk hubungan di antara berbagai aplikasi, berbagi data di antara aplikasi,  integrasi dari aplikasi, dan infrastruktur untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  • .    Arsitektur aplikasi (application architecture). Arsitek  aplikasi  berfokus  pada  desain aplikasi  untuk mengotomatisasikan proses  bisnis  dan menyediakan  fungsionalitas  yang  membantu pengguna untuk melakukan  pekerjaan  bisnis.  Tanggung jawab  arsitek meliputi merancang aplikasi  untuk memenuhi  kebutuhan fungsional  pengguna  dan keperluan  kualitas  pelayanan yang meliputi  performansi  (performance), ketersediaan(availability), skalabilitas (scalability), keamanan (security), dan integritas  (integrity).  Tanggung jawab  juga  meliputi  mengevaluasi  dan memilih  perangkat  lunak dan  perangkat  keras  yang dibutuhkan  untuk menjalankan aplikasi, termasuk perangkat dan metodologi           untuk mengembangkan aplikasi.
  • .       Arsitektur informasi (information architecture). Arsitek informasi  berfokus  pada  data  yang digunakan berbagai  aplikasi, termasuk struktur,  integritas,  keamanan,  dan  kemampuan akses dari data. Tanggung jawab  arsitek meliputi merancang,  membangun,  menguji, menginstalasi,  menjalankan,  dan  memelihara  sistem  untuk mengelola  data tersebut.  Desain  dari  sistem  tersebut  harus  memperhitungkan  keperluan  data dari sisi sumber, lokasi, integritas, ketersediaan, performansi, dan usia data.
  • .    Arsitektur infrastruktur (infrastructure architecture). Arsitek infrastruktur  berfokus  pada  rancangan dari  perangkat  keras  dan perangkat  lunak server yang meliputi  komputer server,  media  penyimpanan, workstation, middleware,  perangkat  lunak non  aplikasi,  jaringan,  serta fasilitas-fasilitas fisik yang mendukung aplikasi dan proses-proses bisnis yang dibutuhkan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pengevaluasian dan pemilihan komponen-komponen tersebut, memodelkan,  mensimulasikan, dan menguji  untuk menvalidasi  rancangan  dan  produk yang dipilih;  serta performansi, ketersediaan, dan skalabilitas infrastruk tur yang dihasilkan.
  • .    Arsitektur integrasi (integration architecture). Arsitek integrasi berfokus pada rancangan solusi yang memungkinkan aplikasi saat ini, penawaran paket perangkat lunak, jaringan, dan sistem-sistem bekerja bersama  di  dalam  maupun di  antara  organisasi.  Solusi  tersebut  boleh menggunakan  teknologi,  vendor,  platform,  maupun  gaya  pemrograman  yang berbeda.
  • .    Arsitektur operasi (operation architecture). Arsitek operasi berfokus pada rancangan solusi untuk mengelola infrastruktur dan  aplikasi  yang  digunakan  perusahaan.  Tanggung jawab arsitek meliputi pendefinisian rencana, strategi, dan arsitektur untuk instalasi, operasi, migrasi, dan tata kelola dari sistem informasi yang kompleks.

5. Time Schedule
Tugas
Durasi perkerjaan
Konsep ide aplikasi
1 hari
Mock Up Desain
2 hari
Database
3 hari
Penyempurnaan
12 hari
Aplikasi


6. Team Engineer 

Api Designer
Seli mulyani
Database Engineer
Seli mulyani
Backend Developer
Ririn prasasti
Frontend Develope
Riirin prasasti
Mobie Developera
Seli mulyani

7. Contact Person
Seli mulyani
-          0838-9007-87900
-          sellyjune@gmail.com

Ririn prasasti
-          0896-5392-5976
-            r_prasasti@gmail.com



8. Penutup 

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi dalam makalah ini dan tentunya masih banyak kekurangan karena terbatasnya pengetahuan. Semoga makalah ini beguna untuk anda yang membacanya. Terima kasih... :) :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Game Menggunakan Scratch 2

Cara Membuat Game Menggunakan Scratch S aya kali ini akan membuat sebuah tutorial membuat game menggunakan Sofware Scratch. Pertama – tama kita mendalami dahulu apa itu aplikasi Scartch?. Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang.   Sedangkan   Aplikasi scratch adalah Sebuah Sofware untuk membuat sebuah game sederhana yaitu hanya menggunakan metode Drag and Assembly. Drag adalah menarik sebuah objek yang kita pilih, sedangkan Assembly adalah menggabungkan sebuah objek. 1. Buku terlebih daluhu Aplikasi Scratch. maka tampilan awal sebagai berikut.     2. Lalu hapus sprite yang ada saat baru membuka aplikasi scratch 2.    3. Ubah latar, pilihan latar sebagai berikut. 4. Tambahkan sprite dengan cara " pilih sprite dari pustaka". setelah itu pilih sprite bergambar apple da...

Tutorial Rest Api dengan Hosting

Tutorial Rest Api dengan Hosting Hai guys, Balik lagi di blog saya dan Selamat datang di blog sederhana saya ini. Sebelumnya apa kabar ? Semoga pada sehat semua ya guys. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat berbagi kepada kalian tentang bagaimana cara menggunakan Hosting gratis. Disini saya menggunakan hosting dari 000webhosting bisa di cek disini      :  https://id.000webhost.com/ Sebelumnnya saya juga sudah buat bagian 1(awalnya) mungkin jika kalian sudah membacanya kalian sudah tau. Jika belum kalian bisa cek disini. http://ririnpra02.blogspot.com/2018/09/cara-membuat-rest-api-menggunakan.html Tampa berlama-lama langsung saja kita masuk ke langkah pertama. 1. Disini saya mengguakan Sublime Text 3 2. Lanjut ke codingannya. Cotroller/Mahasiswa.php Dan ini isi codingannya : <?php require APPPATH . '/libraries/REST_Controller.php'; require APPPATH . '/libraries/Format.php'; use Restserver\libraries\REST_Controller; class mahasiswa e...

CARA MEMBUAT REST API MENGGUNAKAN CODEIGNITER

CARA MEMBUAT REST API MENGGUNAKAN  CODEIGNITER Hai guys, Balik lagi di blog saya dan Selamat datang di blog sederhana saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial sepetti judul yang sudah ada diatas. Membuat Rest Api Dengan Codeigniter – REST (REpresentational State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang sering diterapkan dalam pengembangan layanan berbasis web. Arsitektur REST, yang umumnya dijalankan via HTTP (Hypertext Transfer Protocol), melibatkan proses pembacaan laman web tertentu yang memuat sebuah file XML atau JSON. File inilah yang menguraikan dan memuat konten yang hendak disajikan. Setelah melalui sebuah proses definisi tertentu, konsumen akan bisa mengakses antarmuka aplikasi yang dimaksudkan. Kekhasan REST terletak pada interaksi antara klien dan server yang difasilitasi oleh sejumlah tipe operasional (verba) dan Universal Resource Identifiers (URIs) yang unik bagi tiap-tiap sumberdaya. Masing-masing verba – GE...