PROPOSAL
PRODUK KREATIF
PEMBUATAAN APLIKASI
"Kshop"
Latar
belakang
Sudah
banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat di sekitar kita sata ini. salah
satunya penggunan Smartphone yang makin di minati dan semakin meningkat setiap
tahunya,
Adanya
fitur – fitur social media dan internet yang mudah diakses dan ditawarkan dalam
system komunikasi smartphone ini tentunya mempermudah kita dalam berkomunikasi
dan memperoleh informasi dengan mudah.
Oleh
karena itu dengan akses yang semakin dimudahkan dengan perkembangan dunia
internet ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan nya, salah satunya yaitu
melakukan jual beli secara online .
Rumusan
masalah
- Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha kshop sebagai fasilitas tempat pembelanjaan terpercaya.
- Bagaimana mempromosikan kshop ke masyarakat.
- Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat tentang bisnis ini.
1.
Konsep ide
saya
membuat aplikasi kshop ini karena banyak penipuan online shop yang jual
barang – barang serba kpop di instagram. Maka dari itu saya membuat online shop
serba kpop untuk para pencipta kpop agar tidak ada penipuan lagi dan
menyediakaan aplikasi kshop sebagai tempat pembelian barang kpop terpercaya.
2.
Fitur - Fitur
- Daftar
- Login
- Pemilihaan barang
- Pembelian barang
- Chat
- Tampilan pesanaan / Order.
3.
Desain Mockup
- Tampilan awal
- Daftar
- Login
- Tampilan awal app
- Pemilihaan barang / Home
- Pembelian barang
- Chat
- Pemesanaan / Order
- Tampilan order berhasil
4.
Arsitektur Teknologi
ITIL v3 (Information
Technology Infrastructure Library v3) (2011), mendifinisikan
arsitektur teknologi informasi adalah seluruh aspek meliputi piranti keras,
piranti lunak, perangkat jaringan dan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk
pengembangan, ujicoba, pengaturan dan daya dukung terhadap aplikasi dan layanan
teknologi informasi. Seluruh aspek harus dikelola ketika
dijalankan untuk memastikan elemen-elemen tersebut
beroperasi sebagaimana mestinya dan membentuk satu operasi yang
lancar sehingga memenuhi kebutuhan pengguna.
IBM (International
Business Machine) mendefinisikan 6 (enam) jenis disiplin arsitektur
teknologi informasi sebagai berikut :
- . Arsitektur perusahaan (enterprise architecture). Seorang arsitek perusahaan berfokus pada pemetaan kemampuan-kemampuan teknologi informasi dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis. Arsitek bertanggung jawab terhadap keseluruhan sistem intensif perangkat lunak perusahaan, termasuk hubungan di antara berbagai aplikasi, berbagi data di antara aplikasi, integrasi dari aplikasi, dan infrastruktur untuk menjalankan aplikasi tersebut.
- . Arsitektur aplikasi (application architecture). Arsitek aplikasi berfokus pada desain aplikasi untuk mengotomatisasikan proses bisnis dan menyediakan fungsionalitas yang membantu pengguna untuk melakukan pekerjaan bisnis. Tanggung jawab arsitek meliputi merancang aplikasi untuk memenuhi kebutuhan fungsional pengguna dan keperluan kualitas pelayanan yang meliputi performansi (performance), ketersediaan(availability), skalabilitas (scalability), keamanan (security), dan integritas (integrity). Tanggung jawab juga meliputi mengevaluasi dan memilih perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, termasuk perangkat dan metodologi untuk mengembangkan aplikasi.
- . Arsitektur informasi (information architecture). Arsitek informasi berfokus pada data yang digunakan berbagai aplikasi, termasuk struktur, integritas, keamanan, dan kemampuan akses dari data. Tanggung jawab arsitek meliputi merancang, membangun, menguji, menginstalasi, menjalankan, dan memelihara sistem untuk mengelola data tersebut. Desain dari sistem tersebut harus memperhitungkan keperluan data dari sisi sumber, lokasi, integritas, ketersediaan, performansi, dan usia data.
- . Arsitektur infrastruktur (infrastructure architecture). Arsitek infrastruktur berfokus pada rancangan dari perangkat keras dan perangkat lunak server yang meliputi komputer server, media penyimpanan, workstation, middleware, perangkat lunak non aplikasi, jaringan, serta fasilitas-fasilitas fisik yang mendukung aplikasi dan proses-proses bisnis yang dibutuhkan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pengevaluasian dan pemilihan komponen-komponen tersebut, memodelkan, mensimulasikan, dan menguji untuk menvalidasi rancangan dan produk yang dipilih; serta performansi, ketersediaan, dan skalabilitas infrastruk tur yang dihasilkan.
- . Arsitektur integrasi (integration architecture). Arsitek integrasi berfokus pada rancangan solusi yang memungkinkan aplikasi saat ini, penawaran paket perangkat lunak, jaringan, dan sistem-sistem bekerja bersama di dalam maupun di antara organisasi. Solusi tersebut boleh menggunakan teknologi, vendor, platform, maupun gaya pemrograman yang berbeda.
- . Arsitektur operasi (operation architecture). Arsitek operasi berfokus pada rancangan solusi untuk mengelola infrastruktur dan aplikasi yang digunakan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pendefinisian rencana, strategi, dan arsitektur untuk instalasi, operasi, migrasi, dan tata kelola dari sistem informasi yang kompleks.
5. Time Schedule
Tugas
|
Durasi perkerjaan
|
Konsep ide aplikasi
|
1 hari
|
Mock Up Desain
|
2 hari
|
Database
|
3 hari
|
Penyempurnaan
|
12 hari
|
Aplikasi
|
6. Team Engineer
Api Designer
|
Seli mulyani
|
Database Engineer
|
Seli mulyani
|
Backend Developer
|
Ririn prasasti
|
Frontend Develope
|
Riirin prasasti
|
Mobie Developera
|
Seli mulyani
|
7. Contact Person
Seli mulyani
|
-
0838-9007-87900
|
Ririn
prasasti
|
-
0896-5392-5976
|
8. Penutup
Demikian yang dapat saya paparkan
mengenai materi dalam makalah ini dan tentunya masih banyak kekurangan karena
terbatasnya pengetahuan. Semoga makalah ini beguna untuk anda yang membacanya. Terima kasih... :) :)
Komentar
Posting Komentar