Langsung ke konten utama

Pengenalan PHP



Pengenalan PHP

Halo. Selamat datang kembali  lagi diblog saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan materi mangenai PHP.
 
Sebelumnya apa sih PHP itu?

Singkat pengertian dari PHP.

” PHP itu Hypertext Prepocessor”, yaitu Bahasa Pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Oke. Mari kita belajar tentang PHP.

  1.  Buka sublime taxt, pada bagian awal, kita akan belajar mengenai system out yang keluar adalan kata “ Hello”. Untuk seve dengan nama hello.php pada folder anda. Lokasi file local disk C, xampp,htdocs,folder anda,hello.php.
    

   2.  lalu kita melihat hasilnya, tampilan akan seperti ini.
  

   Lalu setelah itu kita belajar dengan yang ber nama variabel apa sih kegunaan variabel? Ayo kita ulas lagi lebih dalam.

   Kegunaan variabel adalah sebagai berikut.

· * Digunakan untuk menyimpan sebuah value, data atau informasi.
· * Nama variabel diawali dengan tanda $
· * Panjang tidak terbatas.
· * Setelah tanda $ diawali oleh huruf atau under-score(_). Karakter diperbolehkan (ASCII dari 127-255).
· * Bersifat case-sensitive

Ayo kita buat contoh dari variabel.php

   Buat lah nama file dengan menggunakan nama variabel.php

   Ikuti source kode ini untuk melakukan test dibrowser anda.
   

   Kita lakukan pengetesan program di browser anda adalah hasilnya sebagai berikut.

 
   Oke bagian pembelajaran Variabel nya sudah selesai, sekarang mari kita lanjut  lagi karena masih ada yang harus di saya bagikan.

Sekarang kita ingin belajar tentang  Tipe Data.    
      
Pada umunnya, tipe data variabel itu tidak didefinisikan oleh programmer. 

Ada 8 tipe data :

   1)      Boolean                                                    5)  Array
   2)      Ingteger                                                    6)  Object
   3)      Float                                                         7)  Resource
   4)      String                                                        8)  NULL

          
    Ayo kita belajar codingannya: 

   Buatlah new file di sublime text, lalu save dengan nama tipe.php

   Contoh codingannya sebagai berikut:
  

   Lalu setelah itu buka browser anda dan tulis localhost masing-masing.

   dan seperti ini hasilnya dari yang kita coding tadi.
       

Oke kiata lanjut belajar phpnya.

   Sekarang kita akan belajar tentang konstanta.  Apa itu konstanta?

   
Konstanta adalah variabel konstanta yang nilainya tidak berubah-uabh. Untuk mendefinisikan konstanta dalam PHP, menggunakan fungsi define()

   Buatlah dengan nama file konstanta.php

Ayo kita buat contohnya di sublime, maka tampilannya akan seperti berikut.
     

    Jangan lupa di test program nya di browser dan ini hasilnya.
      
   Kita lanjut lagi ke part  Operator PHP

    Kita langsung saja share dan coba codingannya di sublime text masing masing. Contoh  sebagai berikut
          

    Selanjutnya kita test ke browser, Ini hasilnya:
     
    Ayo kita coba lagi, karena bagian operator saya memiliki satu materi lagi. Ini adalah codingannya:


    Hasilnya di browser. Sebagai berikut.

    
Sekarang masih ada satu lagi materi PHP yang harus kita pelajarinya.

Yang terakhir adalah Komentar Program. Kita buat file dengan nama komentar.php, ini adalah codingannya
 Sebelumnya sama kita test dulu di browser, dan ini hasilnya

 

Gimana apa anda sudah mengerti tentang PHP??

Jika sudah berarti saya sukses dalam membagikan materi ini.


Cukup sekian dari saya untuk kesempatan kali ini.

Selebihnya mohon maaf apa bila ada kesalahan penulisan, dan untuk anda silakan memcoba.

Terima kasih... :) :)
 

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Game Menggunakan Scratch 2

Cara Membuat Game Menggunakan Scratch S aya kali ini akan membuat sebuah tutorial membuat game menggunakan Sofware Scratch. Pertama – tama kita mendalami dahulu apa itu aplikasi Scartch?. Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang.   Sedangkan   Aplikasi scratch adalah Sebuah Sofware untuk membuat sebuah game sederhana yaitu hanya menggunakan metode Drag and Assembly. Drag adalah menarik sebuah objek yang kita pilih, sedangkan Assembly adalah menggabungkan sebuah objek. 1. Buku terlebih daluhu Aplikasi Scratch. maka tampilan awal sebagai berikut.     2. Lalu hapus sprite yang ada saat baru membuka aplikasi scratch 2.    3. Ubah latar, pilihan latar sebagai berikut. 4. Tambahkan sprite dengan cara " pilih sprite dari pustaka". setelah itu pilih sprite bergambar apple da...

Tutorial Rest Api dengan Hosting

Tutorial Rest Api dengan Hosting Hai guys, Balik lagi di blog saya dan Selamat datang di blog sederhana saya ini. Sebelumnya apa kabar ? Semoga pada sehat semua ya guys. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat berbagi kepada kalian tentang bagaimana cara menggunakan Hosting gratis. Disini saya menggunakan hosting dari 000webhosting bisa di cek disini      :  https://id.000webhost.com/ Sebelumnnya saya juga sudah buat bagian 1(awalnya) mungkin jika kalian sudah membacanya kalian sudah tau. Jika belum kalian bisa cek disini. http://ririnpra02.blogspot.com/2018/09/cara-membuat-rest-api-menggunakan.html Tampa berlama-lama langsung saja kita masuk ke langkah pertama. 1. Disini saya mengguakan Sublime Text 3 2. Lanjut ke codingannya. Cotroller/Mahasiswa.php Dan ini isi codingannya : <?php require APPPATH . '/libraries/REST_Controller.php'; require APPPATH . '/libraries/Format.php'; use Restserver\libraries\REST_Controller; class mahasiswa e...

Merancang Aplikasi Android Berbasis Web Service Dengan Tema Aplikasi Untuk Ekonomi Umat

Assalamualaikum wr. wb. Hai guys, Balik lagi di blog saya dan Selamat datang di blog sederhana saya ini. Sebelumnya apa kabar ? Semoga pada sehat semua ya guys. Pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukkan tentang "Rancangan Aplikasi Android Berbasis Web Service Dengan Tema Aplikasi Untuk Ekonomi Umat"  yang dirancang oleh team saya.  Berikut adalah rancangannya : "Rancangan Dasar Aplikasi : SiJep ( Si Jepret )" IDE PRODUK :           Melihat orang orang sekitar yang membutuhkan seorang photographer untuk acara penting dan kadang mengalami kesulitan dalam mencari photographer dan ketika orang ingin membooking photographer tidak bisa dan jadwalnya padat di hari yang kita inginkan untuk photo. Karna itu kami membuat aplikasi penyewaan photographer untuk mempermudah. Alur Aplikasi :       Pertama – tama "login" terlebih dahulu. jika belum memiliki akun silakan "register". Setelah sudah memiliki akun, akan...